Sofa

Belum lengkap rasanya jika ruang tamu belum memiliki satu set sofa yang nyaman dan empuk. Sofa untuk ruang tamu memiliki banyak sekali jenis, model dan harga yang juga cukup bervariasi. Memilih sofa ruang tamu yang nyaman dengan material yang berkualitas memang tidak mudah, butuh ketelitian dalam pemilihannya agar sofa ruang tamu bisa awet.

Nah berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi patokan Anda dalam memilih satu set sofa ruang tamu yang berkualitas agar mendapatkan pilihan yang nyaman dan pastinya awet.

  1. Rangka

Kerangka yang biasa digunakan untuk menopang sebuah sofa biasanya terbuat dari kayu solid yang kuat dan kokoh. Hindari rangka sofa yang terbuat dari kayu daur ulang, papan kayu pertikel atau bahkan plywood biasa karena kurang kuat dan kurang awet.

Konstruksi rangka penyusun sofa juga bisa mempengaruhi kenyamanan dan daya tahan sofa itu sendiri. Ada beberapa metode yang digunakan oleh pembuat sofa untuk menyatukan semua rangka agar kuat dan tetap nyaman. Kalau bisa hindari sofa yang rangkanya disatukan dengan menggunakan baut dan lem atau besi penghubung untuk menyatukan antar bagian rangka karena metode ini rawan rusak atau patah.

  1. Per atau Suspensi

Suspensi adalah bagian yang menyangga busa sofa yang fungsinya membuat orang yang duduk merasa nyaman dan sedikit efek memantul. Ada banyak tipe per atau suspensi yang digunakan pembuat sofa.

Untuk mengecek suspensi sofa dengan harga cukup mahal Anda bisa menggunakan prinsip eight-way hand tied. Sedangkan untuk sofa dengan harga menengah ke bawah Anda bisa menggunakan prinsip sinuous springs sebagai acuan.

  1. Busa Dudukan

Busa dudukan menjadi bagian paling luar yang berkaitan dengan kenyamanan orang yang duduk diatasnya. Saat memilih sofa untuk ruang tamu Anda, hindari sofa dengan busa dudukan yang terlalu empuk atau terlalu keras karena akan tidak nyaman dan membuat sofa cepat berubah bentuknya. Sedangkan untuk busa sandaran sofa, biasanya berisi serat poliester atau dikombinasikan dengan busa.

Saat berbelanja atau memilih sofa, Anda bisa membuat resleting bagian sandaran sofa untuk melihat susunan bahan di dalamnya. Dan pastikan tidak ada serat busa atau bulu yang menceruat keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *